BAB I

                                 PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

          Psikologi berasal dari bahasa Yunani yaitu psyche yang artinya jiwa dan logo artinya ilmu. Maka, secara harfiah psikologi adalah ilmu jiwa atau lebih tepatnya ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala kejiwaan. Tetapi, dalam sejarah perkembangannya kemudian arti psikologi menjadi ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia. Ini disebabkan karena jiwa yang mengandung arti abstrak itu sangatlah sulit dipelajari secara obyektif. Kecuali itu keadaan jiwa seseorang melatarbelakangi timbulnya hampir seluruh tingkah laku.
           Manusia adalah mahluk sosial, yang kesehariannya selalu berintraksi dengan mahluk lainnya. Baik itu sesama manusia atau lingkungan sekitar nya. Dari sifat sosialnya inilah yang membawa pengaruh terhadap berbagai aspek dari kehidupannya, disadari ataupun tidak disadari, sebagai contoh: orang tua kita dalam mendidik kita kadang terpengaruh oleh orang tuanya ketika mendidiknya, atau seorang guru yang menganut faham gurunya dalam mendidik muridnya.
          Dari pengaruh itulah, kadang tanpa disadari kita telah mempelajari psikologi. Yang mana psikologi adalah disiplin ilmu yang didalamnya mempelajari sesuatu yang berhubungan dengan perilaku. Maka sudah sewajarnya kalau Rita L. Atkinson mengatakan kalau “Tidak ada orang pada kini yang mengaku tidak mengenal psikologi”. Maka dari itu penulis mencoba untuk menulis makalah ini yang didalamnya menjelaskan sesuatu yang berhubungan dengan psikologi. Dengan mengangkat judul “Hakikat psikologi, tujuan dan manfaatnya”
B. RUMUSAN MASALAH
          Berdasarkan dengan latar belakang, maka penulis merumuskan pembahasan yang di paparkan dalam makalah ini yaitu:
Apa yang di maksud dengan psikologi?
Apa tujuan psikologi?
Apa manfaat psikologi?
C. TUJUAN
          Setiap sesuatu pasti mempunyai tujuan, begitu pula dengan makalah ini, penulis menulisnya dengan tujuan:
Untuk menjelaskan apa itu psikologi
Untuk menjelaskan tujuan psikologi
Untuk menjelaskan apa saja manfaat psikologi itu
D. MANFAAT
        Untuk memperoleh pemahaman gejala-gejala jiwa dan pengertian yang lebih sempurna tentang tingkah laku sesama manusia pada umumnya dan anak-anak khususnya.






                                          BAB II

                                  PEMBAHASAN

A. Hakikat psikologi

      Psikologi adalah ilmu yang mempelajari jiwa dan prilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya. Namun psikologi tidak mempelajari secara langsung jiwa atau mental karena psikologi bersifat abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa atau mental tersebut yang berupa tingkah laku sehingga psikologi dapat di definisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.           Dimana tingkah laku disni dipandang secara luas yang mencakup segala kegiatan / tindakan / perbuatan manusia yang kelihatan, yang disadari maupun yang tidak disadarinya. Termasuk cara ia melakukan sesuatu, caranya berinteraksi terhadap segala sesuatu yang dating dari luar dirinya, maupun dari dalam dirinya atau bagaimana cara manusia itu/ seseorang berintegrasi dengan dunia luar. Perlu diketahui psikologi tidak hanya berhubungan dengan tingkah laku manusia akan tetapi pada hewan.
        Aristoles memandang ilmu jiwa sebagai ilmu yang mempelajari gejala-gejala kehidupan. Jiwa adalah unsur kehidupan (anima), karena itu tiap-tiap mahluk hidup mempunyai jiwa. Dapat di katakan bahwa sejarah psikologi sejalan dengan perkembangan intelektual di eropa. Para ahli menyetujui bahwa psikologi merupakan ilmu yang membahas tingkah laku manusia dalam berinteraksi dengan lingkungannya, baik lingkungan sosial maupun lingkungan non sosial.
         Banyak pengertian mengenai psikologi yang dikemukakan oleh para ahli, namun dalam uraian ini ada beberapa pengertian psikologi, diantaranya.
      1. Psikologi adalah ilmu pengetahuan tentang                     aktivitas manusia (behaviorisme radikal).
      2. Psikologi sebagai psikologi filsafat menurut Plato           sekitar pada tahun 400 SM adalah ilmu                             pengetahuan yang mempelajari sifat, hakikat                 dan hidup jiwa manusia.
      3. Psikologi menurut aliran ilmu-ilmu pengetahuan           alam/empiris dan rasionalisme abad XVII adalah           ilmu pengetahuan yang mempelajari kesadaran             atau gejala-gejala kesadaran.
      4. Psikologi menurut aliran psikologi-dalam                         (freudianisme) adalah ilmu yang mempelajari               baik gejala-gejala kesadaran maupun gejala-                   gejala ketidaksadaran serta gejala-gejala                           dibawah sadar.
      5. Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang                           mempelajari semua tingkah laku dan perbuatan           individu, dalam mana individu tersebut tidak                dapat dilepaskan dari lingkungan. Pelaksanaan              secara ilmiah. daripada psikologi dilakukan                    dengan jalan mengumpulkan dan mencatat serta          teliti tingkah laku manusia selengkap mungkin,              dan berusa menjauhkan diri dari segala                            prasangka. Sehingga orang mendapatkan                        jawaban yang tepercaya menganai pelbagai                    pertanyaan teoritis dan praktis. ( Robert s. Wood-          worth.)
     6. Psikologi menurut Mac Dougall pada awal abad              ke-20 adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku          manusia atau human behavior. Karena itu                      psikologi di golongkan dalam aliran behaviorism.          Aliran ini diwakili oleh tokoh-tokoth Mac                          Dougllas, Throndike, dan Waston dari Amerika              serikat, dan A.Pavlov serta Von Bechterew dari              Rusia.

B. TUJUAN PSIKOLOGI
    1. Untuk memperoleh pemahaman tentang gejala-             gejala jiwa, dan pengertian yang lebih sempurna           tentang tingkah laku sesama manusia pada                     umumnya dan anak-anak pada khususnya.
    2. Untuk mengetahui perbuatan-perbuatan jiwa                 serta kemampuan jiwa sebagai sarana untuk                   mengenal tingkah laku manusia dan anak.
    3. Untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan           dengan baik
   
C. MANFAAT PSIKOLOGI
        Untuk memperoleh pemahaman  gejala- gejala jiwa dan pengertian yang lebih sempurna tentang tingkah laku sesama manusia pada  umumnya dan anak-anak khususnya.
     1. Untuk mengetahui perbuatan-perbuatan jiwa                serta kemampuan jiwa  sebagai sarana untuk                  mengenal tingkah laku manusia.
     2. Untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan            dengan baik.
     3. Untuk mengetahui perilaku manusia sebagai                  upaya menyesuaikan diri dan berhubungan                    dengan orang lain, sehingga memudahkan                      memahami mengapa  mereka berpikir,                            berperasaan dan berbuat menurut cara mereka            sendiri.
     4. Dalam rangka mengatasi permasalahan social,              psikologi dapat mengurai pangkal masalah,                    setidaknya mengurangi problem social.
     5. Kita bisa peka terhadap perasaan orang lain.






















                                           BAB III

                                         PENUTUP

    A. Kesimpulan

Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari semua tingkah laku dan perbuatan individu, dimana individu tersebut tidak dapat dilepaskan dari lingkungannya. Objek dan ruang lingkup psikologi meliputi objek material yaitu manusia dan objek formal yaitu tingkah laku manusia. Dan psikologi meliputi pesikologi umum dan psikologi khusus.

     B. Saran
 Dengan selesainya penulisan makalah ini, maka penulis mengharap kepada pembaca sekiranya menemukan kesalahan pada makalah ini untuk memperbaikinya. Sebab penulis bukanlah orang sempurna yang tidak lepas dari sifat kekeliruan, sehingga penulis juga biasa melakukan kesalahan. Dan jika ada sesuatu yang biasa di jadikan bahan kajian oleh pembaca maka penulis akan merasa termutifasi. Saran dan kritik dari pembaca yang sifatnya membangun semangat menulis penulis akan selalu ditunggu oleh penulis.






                                 DAFTAR PUSTAKA


Ahmadi, Abu. 1991. Psikologi Umum. Semarang : Rineka Cipta Poernadarminta. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN. Balai Pustaka Rama, Tri. 2001. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Agung Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung : CV. Pustaka Setia Sujanto, Agus. 2001. Psikologi Umum. Jakarta : Bumi Aksara http://www.wikipedia.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SARANA dan PRASARANA PENJAS

SARANA dan PRASARANA OLAHRAGA

PEMELIHARAAN SARANA DAN PRASARANA